1 Komentar

Buku Antologi Karya Festival Fiksi Kolaborasi Telah Terbit !!!

Siang ini, selepas pukul 12.00, ada paket datang. Penasaran, langsung buka. Wow… luar biasa. Dua buah buku yang saya pesan sudah datang! Buku: Antologi Karya Festival Fiksi Kolaborasi. Buku bersampul hitam dengan tebal 440 halaman ini berisi sebagian dari karya yang dilahirkan dari FFK di Kompasiana pada tanggal 18 Maret 2011. Ada 57 prosa berbentuk cerita pendek dan 23 puisi dalam buku ini dari 174 karya yang tercatat sebagai hasil kolaborasi dari dua penulis atau lebih. Ada satu prosa yang bahkan digarap bareng oleh 10 orang penulis.

Festival Fiksi Kolaborasi digagas oleh empat penulis fiksi kompasiana, yaitu Anto Rusdianto, Santy Novaria, Dee Dee Sabrina, dan Nuri Nura. Beberapa kawan kemudian terlibat. Untuk kepentingan komunikasi, dibuka group di Facebook yang mendapat sambutan hangat dari para kompasianer. Tercatat 340 orang kompasianer menyatakan akan terlibat dalam FFK tersebut. Guna mengatur komunikasi, 17 orang sukarelawan berperan sebagai admin, sekaligus sebagai ”mak Comblang” untuk mengatur perjodohan para penulis kolaborasi. Setiap tim, bisa memberikan nama sendiri atau diberikan nama, yang seringkali membuat kita tersenyum dan tertawa. Sebagai contoh, misalnya: Duet Fiktif, Duet Apa aja deh, Duet Psikopat, Trio Panik, Trio Was-was,  Trio Jeng Jreng, Kuartet  SAH, dan sebagainya.

Pemostingan karya pada tanggal 18-19 Maret 2011, membuat Kompasiana menjadi meriah dengan karya-karya fiksi. Kekhawatiran bahwa akan terjadi masalah dalam pemostingan seperti kasus-kasus sebelumnya sama sekali tidak terjadi. Seluruh postingan bisa berjalan dengan lancar. Tiga karya fiksi dapat tampil sebagai Headline. Ini sungguh luar biasa mengingat rubrik fiksi tampaknya menjadi anak tiri mengingat pergantian Headline bisa berminggu-minggu lamanya.

Menulis kolaborasi, tentunya bukan hal baru. Tapi menulis kolaborasi yang dilakukan saat bersamaan dengan melibatkan ratusan orang, yang tinggal berjauhan tidak saja di wilayah Indonesia, tapi di berbagai penjuru dunia, tentulah ini bisa menjadi catatan bersejarah dalam khasanah sastra Indonesia.

Saya pribadi, yang jujur saja baru memiliki pengalaman pada proses FFK ini, sempat gagap dan sama sekali tidak membayangkan bagaimana proses yang akan saya jalani. Tapi bersyukurlah, melalui komunikasi dalam inbox FB dan melalui email, terjadi lempar gagasa, diskusi, ada pihak yang memulai tulisan awal, dilanjutkan kembali, didiskusikan dan direvisi kembali sehingga karya tersebut bisa dinyatakan final oleh tim.

Adalah Dyah Restyani, di tengah gagasan untuk menghimpun karya-karya tersebut untuk dijadikan buku, ia mengambil peranan untuk mengkoordinasikan langkah-langkah untuk mewujudkannya. Beberapa kawan turut membantu proses ini seperti Langit, Granito Ibrahim, Inge, dan Irsyam Syam. Nah, proses untuk ini, pastilah juga tidak akan berlangsung mulus. Banyak persoalan-persoalan yang harus dihadapi dan dikoordinasikan.

Komunikasi dengan mengandalkan pada media group di FB yang dibuat khusus untuk kepentingan ini  (group: Project Buku FFK) untuk mencatat para penulis yang bersedia karyanya akan dihimpun dalam buku, selalu mengingatkan agar karya-karya tersebut dapat dikirimkan, menghitung biaya cetak dan pengiriman, menagih biaya kontribusi penerbitan buku ini, dan sebagainya. Pada kesempatan ini tidaklah berlebihan bila pada admin project penerbitan buku FFK ini terima kasih sebesar-besarnya disampaikan. Tanpa adanya yang bekerja, maka berbagai gagasan akan larut oleh waktu dan bisa terabaikan. Tapi dari kerja-kerja merekalah semuanya bisa diwujudkan.

Sebagaimana rencana awal, buku ini hanya merupakan dokumentasi pribadi dari sebagian penulis yang terlibat dalam FFK dan menyatakan kesediaannya untuk dihimpun, dan karenanya hanya dicetak terbatas sesuai kebutuhan. Sangat disayangkan. Saya kira, buku ini layak jual, bukan sekedar bahan dokumentasi, tapi juga bisa memberi arti bagi kehidupan sastra Indonesia. Ya, lantaran itu yang telah disepakati, maka kita hanya bisa mengamini.

Sukses bagi semua. Tetap terjaga semangat dalam karya dan kerja, larut dalam kebersamaan untuki mencipta bersama.

Sekali lagi, saya sampaikan terima kasih kepada para penggagas FFK dan segenap adminnya, juga kepada para penggagas dan tim kerja penerbitan buku antologi karya FFK.

Yogyakarta, 31 Mei 2011

About Kumpulan Fiksi

Blog ini bertujuan untuk menghimpun dan berbagi karya-karya fiksi dan yang terkait. Karya fiksi diantaranya cerita pendek atau cerpen; cerita bersambung atau cerbung; novel; dan puisi. Tulisan lainnya berupa resensi atas karya-karya fiksi, profil pekerja seni, catatan atau ulasan yang terkait dengan penulisan, dan sebagainya. Rubrik masih bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Semoga bisa menjadi ajang untuk melatih diri berkarya, dan berharap pula bisa meramaikan jagad sastra Indonesia. Jadi, bila anda memiliki karya, tidak usah meragu untuk mengirimkan karya anda ke: kumpulanfiksi@gmail.com

One comment on “Buku Antologi Karya Festival Fiksi Kolaborasi Telah Terbit !!!

  1. saya berterima kasih dengan penggagas FFK..pengalaman pertama kolaborasi dengan penulis lain adalah kenangan yang mungkin tak akan terlupakan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: