Tinggalkan komentar

Puisi Kiswondo: Catetan di Penghujung 1993

CATETAN DI PENGHUJUNG 1993

Puisi Kiswondo

tak ada lagi puisi yang bisa ditulis. sejak hari-hari rontok berguguran. bersama gerimis dan air mata yang netes membahasi tanah ini, indonesia. Sebab hati sudah kelewat pucat dan kehabisan keluh-kesah dan umpatan. hidup dipasung pada kalender peringatan hari-hari besar, selama setahun penuh. maka di ujung tahun ini kita hanya bisa menaburkan bunga merah dan putih di atas pusara. lambang duka cita.

tiga ratus enam puluh lima hari memeram harapan akan perubahan. dan selama itu pula bekerja apa saja. tahun akan segera berganti, namun kenyataan tetap sama. hari-hari akan masih tetap hitam legam. entah sampai kapan. kekalahan demi kekalahan. impian demi impian. dan perkelahian demi perkelahian masih akan terus ada.

jalanan luber, dengan deru motor, suara terompet teriakan dan warna-warni berkibar, di situ semua orang bermimpi sejenak melupakan kenyataan berat menghimpit. Katup duka cita dibuka demi upacara sesaat, dan kegembiraan semu tumpah di jalan-jalan. Sementara itu saya lari ke pinggiran kota, bercermin di kali yang mengalir, mengail rembulan di air keruh, telanjang bulat terjun mandi, dan kemudian meratapi hari-hari yang telah lewat. setelah itu pulang tidur, sebab harus bersiap menghadapi pertarungan besok, sebab waktu adalah gelanggang pertarungan.

Yogyakarta, Indonesia: januari (2) 1994.

About Kumpulan Fiksi

Blog ini bertujuan untuk menghimpun dan berbagi karya-karya fiksi dan yang terkait. Karya fiksi diantaranya cerita pendek atau cerpen; cerita bersambung atau cerbung; novel; dan puisi. Tulisan lainnya berupa resensi atas karya-karya fiksi, profil pekerja seni, catatan atau ulasan yang terkait dengan penulisan, dan sebagainya. Rubrik masih bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Semoga bisa menjadi ajang untuk melatih diri berkarya, dan berharap pula bisa meramaikan jagad sastra Indonesia. Jadi, bila anda memiliki karya, tidak usah meragu untuk mengirimkan karya anda ke: kumpulanfiksi@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: