Tinggalkan komentar

Puisi Kiswondo: Indonesia Membongkar Diri

INDONESIA MEMBONGKAR DIRI

Puisi Kiswondo

1997 Indonesia membongkar istana pasir. yang didirikan oleh tangan-tangan berlumuran darah; jiwa-jiwa yang dahaga dan lapar harta dalam 32 tahun dinasti. dalam sehari, hanya dalam sehari, Indonesia membongkar diri.

1998 Indonesia menyakiti diri sendiri. membongkar luka lama; menyibak tirai semu pembangunan; dalam bimbang dan ratapan lara yang melarat-larat. dalam sehari, hanya dalam sehari, Indonesia mati suri. ”Indonesia, Indonesia milik siapa saja, sang penujum, membuka gulungan kitab-kitab lama, membedah lontar-lontar tua, mereka rakyat berdarah merah, meramalkan nasibmu; menimbang-nimbang, riwayat lama, lalu membayangkanmu dalam impian kejayaan nusantara. Indonesia, bangkitlah dalam bara api barumu”

Yogyakarta, Indonesia: November (26) 1998
Mimpi anak negeri bersama Kabe

About Kumpulan Fiksi

Blog ini bertujuan untuk menghimpun dan berbagi karya-karya fiksi dan yang terkait. Karya fiksi diantaranya cerita pendek atau cerpen; cerita bersambung atau cerbung; novel; dan puisi. Tulisan lainnya berupa resensi atas karya-karya fiksi, profil pekerja seni, catatan atau ulasan yang terkait dengan penulisan, dan sebagainya. Rubrik masih bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Semoga bisa menjadi ajang untuk melatih diri berkarya, dan berharap pula bisa meramaikan jagad sastra Indonesia. Jadi, bila anda memiliki karya, tidak usah meragu untuk mengirimkan karya anda ke: kumpulanfiksi@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: