Tinggalkan komentar

Puisi Kiswondo: Dongeng yang Mengulang Diri

DONGENG YANG MENGULANG DIRI

Puisi Kiswondo 

Begitulah terjadi, kembali matahari membuka pagi di Asia. orang-orang menghambur dari rumah ngunggun, berburu mimpi. ke jalan-jalan, ngiler oleh sahwat, yang terpancar dari kelamin baliho iklan. menuju orgasme khayali. muncrat sudah. dan bagai binatang,mendengus memburu makin tak peduli. temikitan terus berulang. Bagaikan dongeng yang terus mengulang-ulang diri. tanpa berkesudahan.

Siang, matahari pecah di jalanan. menebarkan frustasi, yang meruah membakar hati.gerah oleh propaganda busuk: menuju Asia yang kaya raya.padahal, menegakkan mimpidi atas kenyataan, sama sulitnya menegakkan benang. dan bagaikan robot, menggadaikan diri pada broker-broker tenaga kerja.menjual kerja dan tenaga,pada mesin-mesin industri. untuk mendapatkan sepeser uang recehan, agar bisa membeli mimpi. begitulah terjadi, dongeng terus mengulang-ulang diri tanpa berkesudahan.

Malam, matahari tenggelam dalam. lampu-lampu kota gemerlapan.lampion-lampion menyala. sampai jauh malam jalanan menjadi impian tersendiri, macam surga. orang-orang mengubur diri, dalam impian Asia: kesentosaan hidup. dan impian itu menghujamkan rasa sakit yang tak mau sudah. membunuh harapan hidup.bagai dongeng ia terus menceritakan dirinya kembali. sampai seluruh tanah Asia terjaga: ternyata Asia tinggal jadi impian yang keburu usai. dan kita terkulai di bawah iklan raksasa: Asia tak menyisakan tanah untuk impianmu.

Yogyakarta, Indonesia: September (15) 1993.

About Kumpulan Fiksi

Blog ini bertujuan untuk menghimpun dan berbagi karya-karya fiksi dan yang terkait. Karya fiksi diantaranya cerita pendek atau cerpen; cerita bersambung atau cerbung; novel; dan puisi. Tulisan lainnya berupa resensi atas karya-karya fiksi, profil pekerja seni, catatan atau ulasan yang terkait dengan penulisan, dan sebagainya. Rubrik masih bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Semoga bisa menjadi ajang untuk melatih diri berkarya, dan berharap pula bisa meramaikan jagad sastra Indonesia. Jadi, bila anda memiliki karya, tidak usah meragu untuk mengirimkan karya anda ke: kumpulanfiksi@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: