Tinggalkan komentar

Puisi Achmad Munjid: Angan-angan

ANGAN-ANGAN

Puisi Achmad Munjid

Sebagai anak yatim
kadang aku berpikir
bahwa kelak anak-anakku
mungkin akan tumbuh
sebagai yatim, sepertiku

Sebelum saat itu mungkin akan tiba
kubuatkan mereka sebuah rumah sederhana
dengan jendela-jendela kaca
yang tepat menghadap tanah makam

Setiap pagi kami saksikan
ribuan batu nisan berbaris rapi
seperti usia dan peristiwa
yang tak pernah bisa diduga

“Kalau sudah mati nanti
Kau ingin kami kubur di situ?,” tanya anakku
“Betul. Supaya ketika aku ada
aku selalu dekat denganmu
Ketika aku sudah tak ada
Aku juga tetap dekat denganmu,” jawabku

Anak-anakku bersorak
Jantungku berdetak-detak
bersama ribuan kupu-kupu
yang terbang hinggap
dari nisan ke nisan, dari pikiran ke pikiran

“Jangan lupa,” kataku pula
“Tolong kautulis pada nisanku:
Di sini telah dikubur seorang ayah
yang mewariskan bergunung harapan”
Anak-anakku kembali bersorak
Jantungku kian berdetak-detak

Ketika aku seusia mereka
Ayahku telah tiada
“Kalian anak-anak yang beruntung,” batinku
Tiba-tiba aku tahu, betapa aku juga sangat beruntung

Turen 9/10/2013

About Kumpulan Fiksi

Blog ini bertujuan untuk menghimpun dan berbagi karya-karya fiksi dan yang terkait. Karya fiksi diantaranya cerita pendek atau cerpen; cerita bersambung atau cerbung; novel; dan puisi. Tulisan lainnya berupa resensi atas karya-karya fiksi, profil pekerja seni, catatan atau ulasan yang terkait dengan penulisan, dan sebagainya. Rubrik masih bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Semoga bisa menjadi ajang untuk melatih diri berkarya, dan berharap pula bisa meramaikan jagad sastra Indonesia. Jadi, bila anda memiliki karya, tidak usah meragu untuk mengirimkan karya anda ke: kumpulanfiksi@gmail.com

Tinggalkan Balasan

