33 Komentar

Tentang

KUMPULAN FIKSI

——————————————–

Awalnya, blog ini mencoba menghimpun tulisan-tulisan fiksi dari rekan-rekan terutama yang pernah aktif di Kompasiana. Setelah sekitar empat tahun terabaikan, kendati tetap menerima kiriman karya dari rekan-rekan, admin mulai memposting arsip-arsip sastra berupa puisi, cerpen, ulasan karya, ataupun catatan seputar seni dan sastra. Admin berusaha untuk menghubungi penulisnya untuk meminta ijin guna memposting. Namun, untuk yang sulit atau tidak dapat dihubungi, semoga mereka berkenan.

Tentang arsip, pada awalnya sebenarnya hanya menghimpun arsip tentang teater Indonesia yang pernah dipublikasikan di media. Perkembangan kemudian, arsip sastra juga mulai dihimpun, sehingga mengulang kembali membuka lembaran-lembaran majalah yang pernah tersentuh (untuk koran belum dilakukan).

Sejauh ini, arsip yang dihimpun berasal dari Balai Arsip Yogyakarta, Perpustakaan Nasional, Perpustakaan HB Jassin, Perpustakaan Ajip Rosidi, Perpustakaan Studiklub Teater Bandung, dan juga dari rekan-rekan yang berbaik hati meminjamkan dokumentasinya. Penghimpunan arsip menggunakan waktu luang, sehingga disadari, tentu membutuhkan waktu yang lebih panjang. Jika ini sudah dilakukan sejak lima tahun yang lalu, jika terhitung dalam hitungan hari efektif, saya kira tidaklah genap setahun. Jujur, tidak ada obsesi untuk menghimpun arsip secara lengkap mengingat sangat banyak media yang pernah dan masih terbit.

Beberapa media yang menjadi sasaran (kendati belum lengkap keseluruhan edisinya) adalah majalah-majalah khusus sastra budaya atau majalah umum yang memberikan kontribusi bagi perkembangan sastra budaya. Diantaranya Majalah Pudjangga Baru, Siasat, Budaya, Roman, Tjerpen, Seni, Sastra, Konfrontasi, Budaja Djaja, Basis, Horison,  Kompas, Merdeka, Mimbar Indonesia, Minggu Pagi, Pentja,  Gema Islam,  Nasional, dll. Sedangkan untuk koran diantaranya: Kompas, Sinar Harapan, Indonesia Raja, Abadi, Suara Karya, Pelita, Merdeka, Masa Kini.

Di luar postingan dari arsip, rekan-rekan yang ingin  berpartisipasi untuk mengisi blog ini juga tetap terbuka. Jangan ragu untuk mengirimkan tulisan-tulisan yang dimiliki. Kirimkan saja tulisan anda ke:

***

kumpulanfiksi@gmail.com

atau

odish2007@gmail.com

***

Terima kasih atas perhatian dan partisipasi dari rekan-rekan sekalian. Mari ramaikan Fiksi…

Salam,

Odi Shalahuddin


33 comments on “Tentang

  1. salam jumpa

  2. Terima kasih atas kehadiran dan sumbangan tulisannya, Bung Kate….

  3. hallu…… adminya sapa nech? aq link di blog q yah. salam hangat dr semarang 😀

  4. ini link blog saya : alfiannoorjr.blogspot.com/

  5. aku kirim tulisan yaaa, semoga bisa dinikmati teman-teman di sini.

  6. baru belajar nulis fiksi…. kira2 bisa dikirim gak ya ke sini…. heheheheh

    Salam Garam Manis

  7. sesuai janji saya pada pengelola wahana ini bahwa selagi masih ada kata2 yang bisa tertuliskan Insya Allah semoga saya bisa tetap bisa mengontribusikan karya2 sederhana saya. Bravo KUMPULAN FIKSI

    Semoga kedepannya senantiasa menampilkan karya2 yang dahsyat

    salam

  8. Wah, rame nih, jadi semangat mau kirim karya ke sini. Dan, salam kenal.

  9. Bertamu pagi Om. ingin meninggalkan jejak saya disini.
    http://irfanhandi.wordpress.com/
    Salam persahabatan selalu.

  10. salam kenal….senangnya bisa datang ke sini…….banyak penulis sastra ya…. 🙂 tuker link ya mas..

  11. keren keren nie cerpennya..

  12. woooow kereeeeennnn…. 😉

  13. Kirim saja lewat email ke kumpulanfiksi@gmail.com atau lewat attachment di inbox FB kumpulan fiksi, Mbak Hilda.. ayo, ditunggu loh…

  14. Salam kenal. Saya sedang tertarik dengan cerita mini. Terima kasih untuk blog kumpulanfiksi.wordpress.com yang telah menyediakan ruang untuk berkarya. Saya ingin berpartisipasi lewat beberapa tulisan. Saya telah menulis beberapa cerita mini atau sejenisnya di blog saya.
    Terkait dengan pengiriman tulisan, apakah tulisan tersebut langsung ditulis lewat email, atau saya harus mengirimkannya dalam bentuk lampiran? Oleh karena kitidaktahuan saya atas hal tersebut, saya mengirimkan tulisan pertama saya baik dalam bentuk lampiran maupun tulisan langsung.
    Hormat,
    indraisme1987

  15. Saya ingin memasang banner Kumpulan Fiksi di blog saya. HTML code-nya dong…

  16. Kalo mau gabung tinggal kirim email aja y..?

  17. baru saja saya kirimkan karya puisi saya,,, semoga dapat diterima…

  18. Ruang yang nyamab untuk kumpulan tulisan-tulisan fiksi… Salam dari Sulteng nih gan admin…

  19. Di sini fiksi berkumpul, orang-orang yang pada kesini fiksi juga gak ya? 😀 hehhe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s